Activity


  • Fields Nieves posted an update 1 year, 5 months ago  · 

    Jika kita membahas lebih dalam mengenai seni adat istiadat yang ada di Indonesia tentu saja tidak akan ada habisnya. Sebab memang Negeri Indonesia ini familiar dengan berbagai suku bangsa, kultur, bahasa, adat istiadat, dan agama dan masih banyak aspek lainnya. Maka julukannya yaitu “Bhineka Tunggal Ika” berbeda-beda melainkan tetap satu. Seperti Aceh pasti tidak cuma mempunyai 1 kultur, 1 bahasa dan 1 ragam adat istiadat yang berlaku. Meskipun masih kawasan Aceh namun pasti mempunyai perbedaan itu segala. Nah tari tradisional Aceh sendiri juga pasti memiliki lebih dari 1 macam tarian.
    http://www.senipedia.id , laweut (seudati), tarek pukat, bines, didong, geleng, dan masih banyak lainnya. Seluruh itu berasal dari Aceh dan tentunya dari kawasan yang berbeda-beda.

    Tari saman pada jaman dahulu dipercaya sebagai tarian yang mampu menyebarkan Agama Islam dan mengenalkan Nabi Muhammad SAW, jumlah penari saman ialah 9 orang atau lebih yang terlebih yakni jumlahnya yang ganjil. Dulu penari saman cuma dibiarkan oleh laki-laki karena dianggap kuat, sebab apabila kita kenari saman memang benar-benar memerlukan tenaga ekstra dan konsentrasi, sebab ketika seseorang menari saman semestinya ada guncang, surang-saring, kingang, dan kirep.

    Namun, saat ini tari saman sendiri juga bukan cuma sekadar bertujuan untuk menyebarkan Agama Islam saja melainkan juga sebagai hiburan dan juga perlombaan yang memberikan prestasi bagi individu ataupun instansi tertentu. Dan di zaman kini ini penari saman tidak hanya seorang laki-laki tetapi bisa juga wanita ataupun wanita dan laki-laki. Tari tradisional Aceh yang satu ini juga hampir sama dengan tari tradisional lainnya salah satunya yakni tari laweut yang juga berasal dari Aceh.

    Perbedaannya yakni pada tari saman penarinya menarikan dengan cara duduk dan gerakan yang cukup cepat dan kantang serta diiringi musik. Sedangkan tari laweut ditarikan dengan sistem berdiri dan tanpa diiringi musik meriah, dan ada penyanyinya melainkan penyanyi disini bukan menyanyikan lagu POP tetapi shalawatan dan musiknya itu berasal dari gerakan tangan penari, jadi secara tidak segera penari harus benar-benar mengeluarkan tenaga supaya suara tepukannya terdengar dan menjadi sebuah musik alami.

    Namun ketika ini yang paling familiar di telinga masyarakat adalah tari saman yang berada di urutan pertama tari tradisional yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam, lalu di urutan kedua ada tari laweut yang tidak beda jauh dengan tari saman macam gerakannya. Perbedaan cuma ada di musik dan metode menarikannya saja. Saman sudah tenar sampai Luar Negeri dan Laweut belum seterkenal saman, semoga nanti tarian Aceh selanjutnya dapat tenar dan membooming, karenanya dapat diakui oleh segala Negara seputar tari tradisional Aceh.